Memasuki Musim Penghujan, Evakuasi Sarang Tawon Meningkat di Akhir Tahun

Memasuki akhir tahun 2023, operasi penyelamatan yang dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta justru mengalami peningkatan jumlah, khususnya pada operasi evakuasi sarang tawon.

Dari data yang dimiliki Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta, di sepanjang tahun 2023, evakuasi sarang tawon menjadi operasi yang terbanyak dilakukan, sebanyak 200 kali dari total 486 operasi penyelamatan yang dilakukan. Rata-rata operasi tangkap tawon pada musim kemarau sekitar 7 kali saja tiap bulannya, namun memasuki musim penghujan pada bulan November melonjak menjadi 32 kali, begitu pula pada bulan Desember 2023, pada pertengahan bulan juga sedah terdapat 32 kali operasi tangkap tawon.

Melonjaknya permintaan evakuasi sarang tawon pada bulan November diduga dipengaruhi iklim puncak musim penghujan. Jenis sarang tawon yang dievakuasi hampir semua adalah tawon ndas, atau vespa affinis. Pada puncak musim penghujan kemungkinan tawon mencari tempat yang lebih aman untuk menempatkan sarangnya dari hujan dan angin sehingga membuat rumah atau pepohonan sekitar pemukiman jadi pilihan koloni tawon untuk membuat sarang.

Hal ini tentu menjadi kewaspadaan kita bersama, meskipun tawon adalah hewan yang kecil, kebanyakan spesies yang dievakuasi merupakan tawon ndas atau tawon vespa yang bisa membahayakan keselamatan bahkan nyawa manusia jika terganggu dan menyerang. Karena itu, petugas Damkarmat sudah melengkapi diri dengan pakaian khusus evakuasi tawon ketika bertugas, sehingga masyarakat Jogja jangan ragu untuk menghubungi Damkarmat Jogja ketika menemui kebakaran atau hal membahayakan lainnya yang membutuhkan bantuan petugas Damkarmat Jogja. Petugas Damkarmat Jogja siap 24 jam memberikan layanan, dan semua layanan pemadaman dan penyelamatan gratis, alias tanpa biaya.

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113