Monitoring Sistem Proteksi Kebakaran Obyek Vital di Kota Yogyakarta untuk Sambut Libur Nataru

Menghadapi libur natal dan tahun baru (nataru) 2024 yang diperkirakan dapat memunculkan keramaian dan banyak wisatawan datang ke Kota Yogyakarta, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan melakukan monitoring sistem proteksi kebakaran di beberapa obyek vital. Monitoring ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kesiapan sistem proteksi bangunan-bangunan vital sehingga masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta makin merasa nyaman dan aman.

Obyek vital yang dipantau diantaranya fasilitas publik, hotel, pusat perbelanjaan dan obyek lainnya yang menjadi destinasi keramaian dan wisata. Monitoring direncanakan dilaksanakan pada 20-29 Desember 2023 oleh Tim Inspeksi Damkarmat Kota Yogyakarta. Monitoring dimulai pada Rabu (20/12/2023) di dua titik yaitu Hotel Royal Malioboro by Aston dan Stasiun Tugu.

Beberapa poin sistem proteksi kebakaran yang dimonitoring diantaranya sistem deteksi kebakaran, ketersediaan APAR, sistem pompa hidran, bak penampungan air, jalur darurat, kesiapan SDM (Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung), dsb. Hasil pemantauan akan dijadikan rekomendasi bagi pengelola gedung atau fasilitas untuk melakukan peningkatan agar sistem proteksi kebakaran makin baik sehingga memberikan keamanan bagi pengunjung maupun masyarakat umum. 

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal, lingkungan anda, maupun tempat usaha. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun kebutuhan penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.