Evakuasi Jari Mahasiswi Terjepit Lubang Kursi

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta melakukan operasi penyelamatan yang lain dari biasanya pada Rabu (20/12/2023). Petugas mendapatkan panggilan karena ada seorang mahasiswi yang jarinya masuk ke lubang kursi besi di kampusnya dan tidak bisa keluar.

Petugas Damkarmat Yogyakarta mendapat informasi permintaan evakuasi pada pukul 13.40 WIB pada lokasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Seorang mahasiswi sudah beberapa saat jarinya terjepit. Petugas yang datang ke lokasi langsung melakukan upaya penyelamatan. Setelah dilakukan pelumasan agar jari licin dilakukan tidak membuahkan hasil, petugas melakukan upaya pemotongan kursi besi menggunakan pemotong kecil agar terdapat celah ruang jari bisa terbebas. Dalam waktu sekitar 10 menit saja, jari berhasil dikeluarkan dari lubang kursi. 

Kasus ini bukan yang pertama terjadi, tahun lalu pada Selasa (31/5/2022) di kampus yang sama, karena iseng bermain jari di lubang kursi, seorang mahasiswi jarinya juga terjepit lubang kursi yang ada di student center. Penyelamatan jari waktu itu membutuhkan waktu lebih lama sekitar satu jam karena waktu juga sudah gelap dan jari mulai membengkak.

Kasus jadi terjepit pada Mei 2022
Penyelamatan jari terjepit lubang kursi pada Mei 2022

Kami menghumbau masyarakat untuk berhati-hati dalam berinteraksi dengan peralatan di sekitar anda yang berpotensi membahayakan. Masyarakat Jogja jangan ragu untuk menghubungi Damkarmat Jogja jika menemui kebakaran atau bahaya kedaruratan lainnya. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki peralatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan penyelamatan dan pemadaman kebakaran gratis tanpa dipungut biaya. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113