Pj. Walikota Sambangi Latihan Tim Skill Competition Damkarmat Jogja

Pegawai Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta mendapat kunjungan dari Pj. Walikota Yogyakarta pada Senin (8/1/2024). Dimulai dengan apel pagi, Pj. Walikota lanjut memeriksa kesiapan tim Fire Fighting Skill Competition yang akan berlaga di kompetisi nasional antar Damkar se-Indonesia pada tahun ini.

Dalam amanatnya, Pj. Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengungkapkan kesiapan Damkarmat Yogyakarta dalam melakukan pemadaman dan penyelamatan tercermin dari kemampuan SDM yang mumpuni serta peralatan yang memadai. Kemampuan petugas dalam melakukan pemadaman dan penyelamatan tercermin dalam kesiapan tim Skill Competition yang menurutnya sudah siap dari segi kecepatan, ketepatan, dan kerjasama tim. "Tadi saya lihat catatan waktunya sudah makin bagus dan ada peningkatan," ujarnya.

Pj. Walikota juga mengungkapkan ketugasan Damkarmat tidak hanya reaktif menangani kejadian kebakaran, namun juga lebih menguatkan lagi sisi preventif atau pencegahan kebakaran untuk mengurangi jumlah kebakaran. Sehingga Pj. Walikota berharap peran dari Damkarmat, masyarakat, dan lintas sektor untuk mengurangi angka kejadian kebakaran tiap tahunnya. 

Kepala Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta, Taokhid menambahkan dari sisi respond time, petugas Damkarmat Kota Yogyakarta sudah memenuhi target pusat 15 menit yaitu di bawahnya rata-rata 10,5 menit untuk mencapai lokasi kebakaran setelah mencapat laporan. "Target kita ke depan respond time bisa delapan menit dengan upaya-upaya yang terus kita lakukan," tambahnya.

Upaya yang dilakukan dengan melakukan pengembangan manajemen penanganan kebakaran di wilayah. Beberapa upaya yang dilakukan untuk dapat melakukan penambahan pos serta kerjasama lintas sektor, mengingat Kota Yogyakarta adalah kota yang wilayahnya kecil dan memiliki jalan yang sempit untuk dapat dilalui mobil pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran. Penguatan sumber daya manusia baik dari sisi masyarakat, relawan, dan petugas pemadam kebakaran juga menjadi upaya untuk menguatkan penanganan kebakaran, termasuk dengan latihan tim Fire Fighter Skill Competition.

Kompetisi nasional Skill Competition Damkar 2024 nanti Damkarmat Yogyakarta menyiapkan tim untuk mengikuti dua cabang pertandingan, yaitu Hose Laying dan Survival Braveheart. Kompetisi ini juga merupakan cerminan kesiapan dan kemampuan personil Damkar dalam melakukan pemadaman dan penyelamatan karena dalam tiap pertandingannya merupakan simulasi dari kejadian yang bisa terjadi saat penyelamatan dan pemadaman.