Pemadaman Kebakaran Rumah di Semaki Kulon

Kebakaran terjadi pada Kamis pagi (11/1/2024) di kampung Semaki Kulon, Semaki, Umbulharjo. Kejadian dilaporkan setelah asap terlihat membumbung tinggi di pusat Kota Yogyakarta berdekatan dengan Stadion Mandala Krida dan pusat pemerintahan Balaikota Yogyakarta. 

Kebakaran diketahui seusai apel pagi pergantian shift petugas Damkarmat Yogyakarta sekitar pukul 07.50. Tiga mobil Damkar dikerahkan dari Mako Induk Balaikota yang berdekatan dengan lokasi kejadian diterjunkan untuk memadamkan kebakaran. Petugas sampai ke lokasi dalam waktu tiga menit saja ke lokasi, namun karena laporan masuk ketika api sudah membesar, hampir semua bagian rumah rusak terbakar ketika pemadaman selesai.

Petugas pemadam juga mengalami kesulitan karena posisi rumah yang terbakar berada di tengah perkampungan yang berada di gang kecil sehingga mobil tidak bisa masuk ditambah kampung tidak memiliki jaringan hidran pemadam kebakaran. Petugas perlu menggelar selang hingga 15 buah untuk dapat mencapai lokasi kejadian dari pinggir jalan raya.

Petugas selesai memadamkan api dalam waktu sekitar satu jam. Tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kebakaran ini, saat terjadi kebakaran rumah milik warga Semaki yang dikontrak oleh dua KK tersebut tengah kosong ditinggal penghuninya. Penyebab kebakaran diperkirakan karena kompor menyala yang ditinggal pergi oleh penghuninya. Meski begitu penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal, lingkungan anda, maupun tempat usaha. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun kebutuhan penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.