Damkarmat Jogja Tangani Tiga Kebakaran dan Puluhan OTT di Bulan Februari 2024

Puluhan operasi pemadam kebakaran dan penyelamatan telah dilakukan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta pada bulan Februari 2024. Dari data yang terkumpul, penanganan paling banyak pada operasi tangkap tawon, sedangkan ada tiga kebakaran dalam kota Yogyakarta.

Operasi tangkap tawon tercatat sebanyak 45 kali pada bulan Februari 2024, dari akumulasi sejak awal tahun, sudah 117 kali dilakukan penanganan sarang tawon di pemukiman warga pada awal tahun ini. Ini merupakan operasi terbanyak disusul dengan penangkapan ular sebanyak 16 kali di bulan ini, disusul pemotongan cincin sebanyak 13 kali dan evakuasi kucing sebanyak 4 kali.

Tiga kebakaran di dalam Kota Yogyakarta juga ditangani oleh petugas Damkarmat Kota Yogyakarta pada bulan ini, terdiri  dari satu kebakaran besar dan dua kebakaran kecil. Kebakaran kecil pertama terjadi di Karangwaru Lor, Tegalrejo pada Rabu (7/2/2024) karena kebocoran kompor gas yang langsung bisa teratasi dengan alat sederhana. Begitu pula kebakaran kecil kedua pada Rabu (28/2/2024) di sebuah kantor di Ngupasan, Gondokusuman karena kelebihan beban di boks panel listrik juga langsung teratasi dengan APAR.

Kebakaran cukup besar terjadi pada Kamis (22/2/2024) di Gampingan, Pakuncen, Wirobrajan, menghanguskan rumah yang ditinggali 3 KK atau delapan jiwa. Kebakaran diperkirakan disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran ini, namun kerugian diperkirakan puluhan juta rupiah.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal, lingkungan anda, maupun tempat usaha. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun kebutuhan penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.