Evakuasi Jari Mahasiswi Terjepit Pipa di Kampus UKDW

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta kembali melakukan operasi evakuasi jari mahasiswi yang terjepit lubang sempit di kawasan kampus, pada Senin (25/6/2024) siang tepatnya di kampus Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Petugas mendapat laporan dari sesama mahasiswa karena melihar rekannya yang bernama Kinan terjepit jarinya lubang kecil yang ada di pipa besi pada rooftop di kawasan kampus. Dikabarkan sekelompok mahasiswa tengah berada di rooftop kampus untuk berkumpul dan foto bersama, karena iseng, salah seorang diantaranya memasukkan jarinya ke dalam lubang pipa besi antena.

Petugas perlu memotong pipa dengan gerinda untuk memudahkan pelepasan jari dari besi, untuk kemudian mencoba memotong lubang yang menjepit untuk memberi ruang jari agar bisa keluar. Dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam sehingga petugas dapat melepaskan jari mahasiswi yang terjepit tanpa luka meskipun agak bengkak karena lumayan lama terjepit.

Kasus semacam ini sebelumnya pernah terjadi dua kali di Student Center UIN Sunan Kalijaga . Pertama pada Selasa (31/5/2022) , karena iseng bermain jari di lubang kursi, seorang mahasiswi jarinya terjepit lubang kursi yang ada di student center. Penyelamatan jari waktu itu membutuhkan waktu lebih lama sekitar satu jam karena waktu juga sudah gelap dan jari mulai membengkak. Kasus kedua pada Rabu (20/12/2023) di tempat yang sama dan penyebab yang sama karena iseng bermain jari di lubang kursi bisa diatasi dalam waktu 10 menit.

Kami menghumbau masyarakat untuk berhati-hati dalam berinteraksi dengan peralatan di sekitar anda yang berpotensi membahayakan. Masyarakat Jogja jangan ragu untuk menghubungi Damkarmat Jogja jika menemui kebakaran atau bahaya kedaruratan lainnya. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki peralatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan penyelamatan dan pemadaman kebakaran gratis tanpa dipungut biaya.