Evakuasi Pekerja Terjebak Rumah Runtuh di Kemantren Kraton

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta melakukan operasi penyelamatan terhadap korban bangunan runtuh pada Selasa (7/5/2024) di Jl. Nagan KIdul, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta.

Kejadian dilaporkan terjadi pada 08.49 WIB pada rumah yang tengah dibongkar. Pekerja yang tengah membongkar gawang pintu tiba-tiba dikagetkan dengan atap rumah yang ikut runtuh. Runtuhnya atap mengakibatkan dua pekerja terjebak di bawah reruntuhan.

Upaya evakuasi pada korban yang terjebak reruntuhan dilakukan oleh Damkarmat Kota Yogyakarta yang menerjunkan tiga regu, TRC BPBD Kota Yogyakarta & DIY, Basarnas, Tagana, TNI-Polri, Satlinmas, serta kelompok-kelompok relawan. Setelah 20 menit pencarian korban, satu korban ditemukan dalam keadaan luka patah kaki dibawa ke RS Panti Rapih, sedangkan satu korban lainnya meninggal dunia atas nama Maryono (52) dibawa ke RS Bhayangkara.

Kami menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam beraktivitas jika sekiranya berpotensi membahayakan. Masyarakat Jogja jangan ragu untuk menghubungi Damkarmat Jogja jika menemui kebakaran atau bahaya kedaruratan lainnya. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki peralatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan penyelamatan dan pemadaman kebakaran gratis tanpa dipungut biaya. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.Kenari no.56 Komplek Balaikota Yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113