Pemadaman Kebakaran Sampah di Pingit

Sebuah kebakaran lahan kosong berisi sampah kembali terjadi pada Selasa (29/5/2024) tengah malam. Kebakaran terjadi tepatnya di lahan kosong yang terletak sebelah selatan Pasar Pingit, Bumijo, Jetis, Kota Yogyakarta.

Kebakaran dilaporkan oleh warga yang langsung mendatangi Pos Damkar Jl. Kyai Mojo pukul 23.32 malam. Satu armada mobil pemadam kebakaran yang meluncur langsung melakukan pemadaman. Dalam waktu yang cepat petugas berhasil memadamkan area sekitar 40 meter persegi sampah yang terbakar.

Tidak ada korban luka dalam kejadian ini, beruntung kebakaran cepat diketahui dan dilaporkan warga untuk dilakukan pemadaman sehingga api tidak menyebar makin luas ke bangunan di sekitarnya. Dari laporan warga, diduga kebakaran diakibatkan pembakaran sampah yang tidak diawasi dengan baik.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal, lingkungan anda, maupun tempat usaha. Hindari membakar sampah secara sembarangan. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun kebutuhan penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.