Pemadaman Kebakaran Rusunawa Cokrodirjan

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta melakukan operasi pemadaman kebakaran pada kebakaran yang terjadi di rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Cokrodirjan, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta, Selasa (2/7/2024).

Kebakaran terjadi tepatnya pada lantai 4 Blok A Rusunawa tersebut menimpa empat kamar yang disewakan Pemkot Yogyakarta untuk warga tersebut. Petugas mendapat laporan pukul 3.45 WIB dan sampai lokasi 10 menit kemudian. 5 armada mobil damkar untuk mengatasi kebakaran tersebut.

Kebakaran dapat dipadamkan dalam waktu 2 jam 37 menit. Dalam pemadaman petugas mengalami beberapa hambatan, mengingat Rusunawa yang terletak di pemukiman dengan jalan sempit, mobil tidak bisa mendekat sehingga petugas harus menggelar selang dari jalan raya hingga lokasi kebakaran, selain itu hidran gedung juga tidak berfungsi dengan baik ketika akan digunakan.

Selain empat kamar yang habis terbakar, api juga merusak sebagian atap di lantai empat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, dari keterangan saksi, api bermula dari kamar nomor 11 lantai 4 yang tengah ditinggal penghuninya. Api yang disadari oleh warga sekitar rusun langsung membesar dan merembet ke kamar yang bersebelahan di nomor 12, 9 dan 10. 

Penyebab kebakaran masih diselidiki oleh pihak kepolisian, dengan dugaan sementara karena masalah kelistrikan. Sedangkan kerugian juga masih ditaksir diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. 

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di tempat tinggal, lingkungan anda, maupun tempat usaha. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun kebutuhan penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.