Panik Lihat Buaya di Rumah, Panggil Damkarmat Ternyata Biawak Besar

Sebuah laporan diterima petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta pada Minggu sore (7/7/2024) pukul 17.35 WIB. Warga melaporkan melihat buaya yang masuk ke rumahnya di sekitaran Umbulharjo.

Satu regu tim rescue Damkarmat Kota Yogyakarta langsung menuju lokasi yang dilaporkan untuk mengevakuasi hewan, tepatnya di Perumahan TNI Gedongkuning, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Hewan yang dilaporkan ternyata bersembunyi di kamar warga, setelah dicek ternyata bukan biaya melainkan biawak berukuran besar yang masuk ke rumah warga.

Dalam waktu 16 menit saja petugas berhasil mengamankan biawak berukuran sekitar satu meter dengan menggunakan selimut. Biawak sebenarnya tidak berbisa seperti beberapa spesies ular, namun reptil ini tetap memiliki potensi bahaya jika menggigit bagian tubuh dapat menimbulkan luka dan infeksi. Sehingga jika menemui reptil ini di rumah, tangani dengan berhati-hati atau bisa memanggil orang yang berpengalaman menghadapi reptil. 

Masyarakat Jogja jangan ragu untuk menghubungi Damkarmat Jogja jika menemui kebakaran atau bahaya kedaruratan lainnya seperti evakuasi hewan terjebak, hewan berbahaya, maupun masalah membahayakan lain. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki perlatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan penyelamatan dan pemadaman kebakaran gratis tanpa dipungut biaya. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113